August 19, 2022

Cerita Lahir (Caesarean Section-Premature 32 weeks)

Halooo bundah-bundih yang budiman..

Pernah janji sama kalian ((ecie ada yang nungguin gak nih?)) untuk share cerita kelahiran dan inilah dia gw persembahkan khusus untuk kalian yang mau mau aja 😋((setelah 17 bulan dari persalinan)).

Due date yang pada awalnya antara 11-15 May maju delapan minggu ke 24 Maret. Tidak pernah disangka, tampaknya disinilah ujian tertinggi dalam hidup gw dari Tuhan.

Sejujurnya emang gak nyangka kalau harus melahirkan prematur karena tidak ada riwayat kelahiran seperti ini di keluarga. Selama kehamilan pun kondisi gw selalu dalam keadaan baik, kenaikan BB gw dan janin oke, tidak pernah mual atau muntah yg bikin gak bernafsu makan, jadi makan gw tuh enak banget selama hamil. Sempat pernah kurang air ketuban tapi setelah catch up dengan banyak minum air mineral, hal itu bisa cepat teratasi.

Memang ada beberapa kondisi medis pada diri gw yang gak bisa gw share di sini, tetapi obgyn tidak pernah menginformasikan bahwa itu beresiko meningkatkan resiko kelahiran prematur, obgyn gw pun tidak terlalu yakin kenapa gw bisa melahirkan prematur atau mungkin gw yang salah paham dengan maksud beliau. Haha.

Gejala awal yang gw rasain itu kontraksi yang sakit banget, saat itu gw gak tau itu Braxton hicks atau bukan. Hamil untuk kali pertama dan gak pernah ngerasain kontraksi itu seperti apa. Tapi masa iya sih ini kontraksi dini dan gw baru mengandung 31 minggu, sukses membuat gw sangat bingung.

Gw yang orangnya paling pintar menahan sakit pun membiarkan rasa itu dari pagi sampai malam dengan tiduran di kasur sambil berharap sakitnya akan hilang dengan sendirinya selama mengatur napas dan gak tau harus ngapain lagi selain banyak minum dan ini jadi pengen pee yang bikin drama banget.\

Saat adzan Ashar gw video call orang tua dan ajaibnya saat ngobrol agak sedikit hilang sakitnya, menjelang Maghrib gw semakin tidak bisa menahan rasa sakit dan tampaknya emang ini saatnya harus segera ke IGD. Jarak dari rumah ke Rumah Sakit (RS) sangat dekat, yang lama adalah turun lift dan ambil mobil dan antri keluar parkiran, belum lagi saat itu ditambah ada drama dari orang yang mau parkir, lama banget dia ngalangin jalan. Gw cuma bisa istighfar. Rasanya pengen gw cakarin bapaknya si utun supaya dia sedikit paham apa yang gw rasain. Hehe.

Gak ada yang ngerti rasa sakitnya gw seperti apa, bahkan bapak dari si janin pun tampak bingung
😅.

Akhirnya kita sampai IGD RS dan langsung apa bundah bundih? CTG CTG CTG. Dikonfirm sama dokter jaga ke obgyn gw via whatsapp kalo ini bukan BH, kontraksinya beneran, detak jantung utun masih normal. Memang anak gw ini kuat baget. Saat itu gw baru ngerasa tenang saat ketemu dokter jaga muda yag ngerawat gw karena sepertinya dia mengerti yang gw rasakan dan bahwa sakitnya ini beneran dan gw gak perlu ngerasa kalo gw berlebihan dengan rasa sakit ini.

Ya, di saat kesakitan seperti itu aja gw masih meragukan diri gw. What is wrong with me? 
😂

Karena kontraksi dan sakit sudah berkurang selama perawatan gw diperbolehkan pulang pada siang hari di hari ketiga. Sambil dikasih wejangan untuk banyak bedrest total, konsumsi obat-obatan yang bejibun tepat waktu dan minum air mineral yang banyak. Ternyata rasa sakit kontraksi itu bisa hilang semua hanya karena akibat dari pengaruh obat yaaa para pemirsaaah, terbukti pada sore hari yang sama gw balik lagi ke IGD.

Sebenarnya saat dipulangkan itu gw sudah merasakan sakit tipis-tipis saat masih di parkiran RS, tapi lagi-lagi gw meragukan diri dan ditahan-tahan aja. Saat menahan sakit di rumah gw pun masih sempat-sempatnya packing karena feeling gw merasa kalo ini saatnya gw melahirkan.

Sesampainya di IGD gw langsung nanya ada NICU di sini kan dok? Dan terjadilah momen lucu ((untuk gw ya)) gw spelling NICU nya pake bahasa inggris ((NIKYU)) karena kebiasaan nonton medical drama produksi luar negeri, ehh si teteh dokter jaga tampak bingung dan setelah beberapa detik tampak mengerti maksud gw dan mengulang "niiicuu" dengan aksen Sunda pisan, gw jadi tertawa dan cukup menghibur malam itu di tengah menahan gelombang cinta.

Selama kontrol kehamilan gw gak pernah kepikiran buat cek fasilitas RS tapi gw yakin ada NICU di sini karena ini kan termasuk RS besar. Dengan obgyn pun belum pernah  diskusi rencana lahir. Niatnya sebulan sebelum lahiran baru mau tour kamar RS. Yaa namanya manusia hanya bisa berencana ya bundah bundih.

Ditambah karena lagi pandemi Covid-19, semuanya jadi ekstra ribet dan biaya. Dimulai dari biaya antigen yang waktu itu masih mahal banget. Saat diranap saturasi oksigen gw hanya 79% tapi anehnya gw gak ngerasain sesak napas, ya mungkin namanya kesakitan jadi oksigen yang masuk ke badan kurang kali yaa ((soktau)). Gw sih yakin gw nggak kena Covid karena sudah X-ray juga dan paru-paru gw normal, tetapi tetap disuruh PCR yang biayanya 2.5 juta aja saat itu. Nangis gak berair mata dan diharuskan PCR untuk pasien dan pendamping. "Dengan nominal 5 juta mending gw beli carseat" keluh gw dalam hati. Untung bapaknya utun ngotot gak mau PCR sampai hasil tes gw keluar dan bener aja hasilnya negatif alhamdulillah.

Kembalilah gw ke kamar ranap  setelah menghabiskan semalam di ruang isolasi yang bikin stress dan termasuk cukup mahal dibanding kondisi ruangan. Selama diranap gw gak merasakan sakit ya karena obat penahan sakit yang selalu mengalir dari infus.

Gw gak paham kenapa saat ranap pertama sama sekali tidak ada tindakan USG padahal gw sudah request. Barulah di ranap kedua ini gw di USG dan ternyata air ketuban gw sudah hampir habis, obgyn menyarankan langsung dilakukan tindakan Cesarean Section. Gw yang dari hari-hari sebelumnya tidak menangis, langsung nangis bombay depan obgyn karena baru terasa nyata. Pikiran berkecamuk, semua persiapan belum matang, masih banyak list keperluan baby yang belum dibeli dan gagal sudah rencana untuk centil-centilan nyalon dan waxing dulu sebelum melahirkan. Wkwk.

Ditambah bapaknya utun masih denial ke obgyn dan bilang ini semua gak masuk akal.  Hahaha. Sampe gw yang jelasin dong fungsi air ketuban itu apa di depan dokter. Duh pack pack ternyata dia juga merasakan stress yang sama.

Kita minta waktu dulu buat memikirkan, sebenernya obgyn ingin langsung tindakan malam itu juga tapi gw gak bisa mikir, kepala gatel banget belum sempat keramas. Huhu. I feel so ugly back then, no one can understand my feelings, I just need to be heard not to be questioned.

Tadinya kita berpikir untuk minta second opinion ke obgyn lain atau gw langsung  dibawa ambulance untuk melahirkan di RS lain karena ngeri tidak sanggup bayar biaya NICU di sini. Haha. Karena setelah anak dilahirkan resiko akan lebih besar jika di tengah jalan mau dipindahkan ke RS lain, itu yang ingin kita hindari.

Yaa memang betul adanya yang namanya anak sampai kapanpun akan membutuhkan mamanha, terlebih di saat seperti ini, gw langsung telepon minta mereka datang. Bukan karena gw dan suami gak bisa bikin keputusan sendiri saat itu tapi karena gw hanya butuh support.

Akibat kondisi pandemi sebenarnya dilarang ada pembesuk, tapi gw special case ya jadi diizinkan RS, terlebih kamar gw hanya isi satu pasien dan lokasi di pojokan jadi tidak akan mengganggu pasien lain.



Akhirnya setelah berdiskusi dan diputuskan gw akan tetap melahirkan di sini. Esok siang hari gw masuk ruang operasi namun ternyata tidak boleh pake kacamata dan otomatis gw gak bisa liat apa-apa. Gak usah juga ngarep boleh foto-foto di ruang operasi kaya di RS lain.

Obgyn pun melakukan visit saat pre-op dan gw pun gak ngeh, burem banget mata. Alhamdulillah gw tenang saat itu, masuk kamar operasi bukan pengalaman pertama buat gw, tapi disuntik epidural itu yang pertama kali. Huaaaa gak mau lagi sakiiiit banget minta ampun. Jarum suntik gede banget dan gw ditusuk berkali-kali  karena badan gw tegang dan jarumnya susah masuk ditambah dokter anestesinya cowo, kan gw malu ((alasan)). Setelah proses anestesi lokal yang dirasain itu adalah kesemutan dari pinggang ke bawah, gw udah parno takut masih berasa sakit pas dibedah tapi bener kok gak terasa apa-apa, selama dosis yang diberikan tepat ya.

Saat proses bedah gw nonton perut dibelek melalui refleksi lampu kaca di meja operasi walopun burem. Soalnya penasaran sama prosesnya, suster aja shock ngeliat kelakuan gw.

Selama proses operasi tetap ikut protokol Covid dan gw pake masker, saat di ruang post-op sesaat setelah masker dibuka ternyata ada lebam di dagu gw seperti orang habis dipukulin dan diduga akibat ada pembuluh darah yang pecah. Badan terutama muka gw gatel-gatel banget kemungkinan karena alergi obat bius. Juga rasanya menggigil dan dingin banget, gw pun dikasih selimut hangat. Kira-kira satu jam gw di ruang observasi dan baru pindah ke ranap.

Sebelum operasi dokter spesialis anak visit gw dulu dan malam sebelumnya pun kita sudah online meeting untuk ngomongin rencana treatment di NICU.

Tiga puluh menit kemudian setelah perut gw dibelek,  terdengar suara paling merdu yang pernah gw dengar seumur hidup gw yaitu tangisan anak sendiri, kenceng banget. Momen indah itu dihancurkan oleh celetukan dokter anestesi, dok please -_-.

Untuk kasus bayi prematur yang dikhawatirkan adalah paru-paru yang belum matang tapi masyaAllah anak gw nangis kenceng banget dan  gw langsung ikut nangis saat mendengarnya. Selama diranap gw sudah dapat 5-6 kali suntikan pematang paru yg efeknya bikin vagina gremet-gremet gaktau kenapa begitu yaaa, kata suster emang begitu efeknya, dari sononya.

Tetapi gw sama sekali gak dikasih kesempatan untuk lihat anak gw apalagi berharap ada IMD, bayi langsung dibawa ke NICU, padahal sebelumnya gw udh request ke obgyn untuk bayi bisa diletakkan di dada gw dulu kalo kondisinya baik.

Score  APGAR baik, dengan kondisi paru-paru seperti itu bayi gw menggunkan ventilator CPAP selama tujuh hari. Proses penjahitan kembali yang memakan waktu cukup lama, obgyn pun meninggalkan gw dan dilanjutkan oleh asistennya. Suka sekali sama hasil jahitannya rapih banget dan tidak ada keloid karena gw sudah info sebelumnha bahwa gw ada keloid jadi mungkin diberikan obat tertentu.

Akhirnya gw baru bisa melihat bayi kalo tidak salah 24 jam kemudian karena gw harus pemulihan dulu setelah operasi besar. Harus lepas catheter dan belajar duduk dan jalan kembali, yak emang dasarnya level toleransi atas rasa sakit gw cukup tinggi jadi bisa langsung duduk tegak dan berjalan perlahan. Sayang pas momen perjuangan ini, bapaknya bayi lagi pulang untun ambil keperluan dan gw didampingi oleh kakak dan juga Suster. Bapaknya yang sudah melihat dan mengadzankan bayi sesaat setelah masuk ruang NICU.

Begitulah cerita singkat yang tidak singkat ini.  Nanti gw akan share pengalaman drama kumbara di NICU ya!

Terima kasih yang sudah menyimak dan semoga ada hikmah yang bisa diambil.

Melahirkan pervaginaan maupun SC sama-sama berjuang, sama-sama merasakan sakit, sama-sama menjadi ibu yang seutuhnya. IMD ataupun tidak sama-sama ingin mengasihi anak. Jangan pernah lagi terutama kita yang wanita membandingkan hal klise ini. Semua hebat dengan tantangan masing-masing

Terakhir, ingat kalo sakit kontraksi mau teriak ya teriak aja mau manja ya manja aja, boleh ngamuk juga ke bapaknya bayi, jangan ditahan-tahan kayak gw 😅.

Perasaan kita berhak untuk divalidasi! Jangan pernah ragu ladies!

Share:

0 comments :

Post a Comment